Diduga Bakar Sampah Tanpa Pengawasan, Api Menjalar ke Lahan Warga di Kelurahan Tande

Foto ilustrasi kebakaran lahan

Matasulbar.com —Diduga akibat pembakaran sampah tanpa pengawasan, lahan seluas kurang lebih satu hektar yang berada di dekat Gedung Kembar Universitas Sulawesi Barat ( Unsulbar ) di kelurahan Tande timur kec.Banggae timur Kab. Majene terbakar,

Kebakaran lahan tersebut yang berdekatan dengan gedung Unsulbar terjadi pada, Kamis (31/08/3023) penyebab cepatnya api melahap lahan tersebut, karena rumputnya sangat kering, ditambah lagi angin yang kencang.

Kepanikan warga sontak terjadi di sekitar lokasi kebakaran. Baik masyarakat maupun mahasiswa

Baca Juga  Tergiur Harga Murah Telur Ayam Diduga Busuk, Penjual Masih Berkeliaran di Wilayah Majene

Dua unit pemadam kebakaran terjung langsung ke lokasi, satu unit pemadam dari Kecamatan Tinambung, Kab.Polewali Mandar, dan satu Unit pemadam dari Kab. Majene, setibanya dilokasi langsung melakukan penanganan.

PSC 119 Majene, beserta BPBD Majene dan basarnas, TNI-Polri juga ikut membantu pemadaman tersebut, sebagian mahasiswa yang masih ada disekitaran kampus juga turut membantu.

Prof. Dr. Muhammad Abdy, M.,Si, Ph. D, selalu Rektor Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) mengatakan, “Sekarang ini kan sedang musim kemarau jadi banyak pohon-pohon yang sudah kering, kejadian awalnya tadi sore ada salah satu cleaning service kampus yang sedang membakar sampah disekitar lahan tersebut dan dia tidak sangka kalo akan mengakibatkan kebakaran tersebut, apalagi ditambah angin yang kencang maka cepat sekali merembes kelahan yang kering,” ujarnya.

Baca Juga  Apresiasi Wisuda Santri Tahfidz Quran, Ardiansyah: Mari Memupuk Kecintaan Kita pada Alquran

“Ada dua pemadam yang datang tadi ini melakukan pemadaman, satu dari Tinambung dan satu dari Majene, dan Alhamdulillah sekarang api sudah padam, juga gedung-gedung disekitaran kampus juga agak jauh dari lokasi kebakaran lahan tersebut, tetapi tepat menimbulkan kepanikan karena masih dalam area atau sekitaran kampus”, tambahnya.

Baca Juga  Musim Kemarau, Hewan Ternak Di Leppe Kekurangan Pakan

Rektor Unsulbar juga menghimbau kepada masyarakat, mahasiswa dan petugas yang berada disekitaran agar tidak membakar sampah sembarangan juga tidak membuang puntung rokok yang dapat menimbulkan terjadinya kebakaran, karena pada musim kemarau lahan yang kering juga angin kencang sangat cepat merembet jika terjadi kebakaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *