Berita  

Hindari Kantong Plastik dalam Pelaksanaan Idul Adha, Pemprov Sulbar : Pakai Daun Pisang !

Pemprov Sulbar (Foto P.K)

Majene99News.id— Surat pengumuman nomor B/000.1/424/2023 terkait pelaksanaan hari raya Idul Adha tanpa sampah plastik oleh pemerintah Provinsi Sulawesi Barat menjadi bukti keseriusan dalam hal penanganan sampah.

Imbauan tersebut merupakan tindak lanjut surat edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia (RI) yang ditandatangani sekertaris provinsi (Sekprov) Sulbar, Muhammad Idris.

Baca Juga  Keutamaan Puasa Rajab yang Luar Biasa, Catat Waktunya

“Diharapkan bantuan Bapak/Ibu/Saudara(i) untuk mendukung terselenggaranya pelaksanaan hari raya Idul Adha tanpa sampah plastik,” terang isi surat tersebut. Berikut empat poin pengumuman Sekprov Sulbar yang dimaksud:

Baca Juga  Semakin Parah dan Berbahaya, Ibu-ibu di Kanang-kanang Berinisiatif Perbaiki Jalan
  1. Menghimbau untuk tidak memakai kantong plastik saat pembagian daging kurban selanjutnya membawa tempat sendiri untuk keperluan tersebut.
  2. Daun pisang atau daun jati menjadi alternatif pengganti kantongan plastik wadah anyaman bambu(besek) atau wada lain yang dapat menjadi kompos.
  3. Menyediakan sarana dan prasarana pengelolaan sampah terpilah di lokasi pelaksanaan Shalat Idul Adha dan pembagian daging kurban;
  4. Melaksanakan pengumpulan dan pengangkutan sampah setelah shalat Idul Adha dan pembagian daging kurban.
Baca Juga  Diduga Ditahan Tanpa Digembok, Oknum Polisi Terduga Pelaku Pemukulan Dikecam Kader HMI Cabang Majene

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *