Minat Baca Siswa Dinilai Menurun , MA P3A GUPPI Rangas Giat Berbenah

Proses Belajar Mengajar MA P3A GUPPI Rangas ( Foto: paceko kreatif )

Matasulbar.com —MA P3A GUPPI Rangas, berbenah hadapi menurunnya minat baca siswa dengan kemajuan Era digitalisasi Literasi, MA P3A GUPPI Rangas, tidak akan berubah Nasib suatu kaum, jika bukan kaum itu sendiri yang merubahnya.

Hal itulah mungkin yang menjadi landasan semangat bagi Kepala Madrasah MA P3A GUPPI Rangas H.SAENI,S.Ag.,M.M, untuk memajukan perpustakaan sebagai satu – satunya Madrasah Tingkatan MA di bawah naungan Yayasan Pendidikan GUPPI Majene, melalui kepala perpustakaan yang baru, Muh. Dardi S.,S.Pd.

Sebab dalam sebulan terakhir ini, Perpustakaan MA P3A GUPPI Rangas yang diberi nama “JENDELA DUNIA” itu terus berbenah.

Hal yang telah mengalami perubahan dan kemajuan dari sebelumnya. Seperti Gedung Perpustakaan yang dipindahkan ke gedung perpustakaan yang lebih luas, pengaturan ruangan yang lebih menarik dan lebih representatif untuk membaca dan mengajar, pembenahan papan nama dan struktur perpustakaan, termasuk penataan Halaman dan taman perpustakaan yang merupakan cikal bakal pembuatan pojok baca dan literasi bagi siswa yang berkunjung ke perpustakaan ke depan.

Baca Juga  Diduga Ditahan Tanpa Digembok, Oknum Polisi Terduga Pelaku Pemukulan Dikecam Kader HMI Cabang Majene

Selain itu, hal terbaru yang dilakukan oleh Perpustakaan Jendela Dunia tersebut melalui Kepala Perpustakaannya, Bapak Muh. Dardi S.,S.Pd adalah pengurusan dan pendaftaran perpustakaan Sekolah/Madrasah ke Perpustakaan Nasional untuk kemudian memperoleh Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) nya.

Dan akhirnya tepatnya Tanggal 26 Agustus 2023 lalu, NPP Perpustakaan JENDELA DUNIA MA PPPA GUPPI Rangas telah terbit, artinya telah resmi terdaftar di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Saat kami melakukan Kunjungan ke Lokasi Madrasah Aliyah P3A Rangas tersebut, memang sangat terlihat jelas di beberapa bagian Gedung perpustakaan tersebut masih terlihat baru dan nampak memang baru dilakukan perombakan dan pembenahan.

Baca Juga  Borong Jalanan, Kuda Menari Meriahkan Kelulusan Tingkat SD se -Tammerodo Sendana

Kepala Madrasah, H. Saeni, S.Ag,MM saat dikonfirmasi membenarkan bahwa saat ini memang Perpustakaan MA P3A GUPPI Rangas yang digawangi oleh kepala perpustakaan yang baru, bapak Muh. Dardi S.,S.Pd Setelah dilakukan pembenahan secara besar-besaran. Hal ini dilakukan semata – mata untuk kemajuan Madrasah baik untuk siswa maupun kepada para Dewan guru dan pembina Madrasah Aliyah P3A GUPPI Rangas melalui pemanfaatan perpustakaan Madrasah.

“Iya Alhamdulillah melalui ikhtiar dan kerja keras bersama akhirnya perpustakaan MA P3A GUPPI dalam kepemimpinan Bapak.Muh.Dardi S.,S.Pd terus mengalami kemajuan, tuturnya.

Lanjut kata H. Saeni yang sudah memasuki tahun ke-6 sebagai Kepala Madrasah, menitip harapan ke depan semoga kehadiran Perpustakaan di Madrasah ini bisa menjadi salah satu sumber utama tempat belajar para siswa dan Guru ketika membutuhkan referensi dan bahan bacaan serta bahan Ajar
Sehingga mampu menambah khasanah pengetahuan dan keilmuan bagi semua warga Madrasah Aliyah P3A GUPPI Rangas ini,” jelasnya.

Baca Juga  Hari Raya Kurban di Majene, Lipat Gandakan Omset Pedagang Balon Gas

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Perpustakaan Jendela Dunia MA Rangas, Bapak Muh. Dardi S, “ Saat ini memang kita harus terus melakukan beberapa terobosan baru untuk kemajuan Perpustakaan di MA Rangas, yang sebelumnya memang sudah lama direncanakan oleh para kepala perpustakaan sebelumnya, namun karena kesibukan dan tanggung jawab mengajar dan beberapa kegiatan lain, sehingga belum sempat terlaksana, makanya amanah besar ini harus kami lanjutkan melalui penunjukan langsung oleh Kepala Madrasah lewat rapat dewan Guru “mari kita terus berbenah,” tutup Dardi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *